Perbedaan zakat-infaq dan sedekah

A.      Pengertian Zakat, Sedekah, Infaq, dan Zakat Fitrah
1.      Pengertian zakat

Menurut bahasa, zakat berasal dari kata dasar (masdar) زكئ, ئزكئ, زكة yang bermakna berkah, berkembang, dan suci. Zakat berarti sesuatu yang tumbuh dan berkembang, seorang itu zakat berarti orang itu baik. Makna-makna ini digunakan Alqur’an dan Hadist ketika menyebutkan lafadz zakat.

Menurut istilah, zakat adalah “bagian dari harta wajib zakat yang dikeluarkan untuk para mustahik”. Lebih tepatnya zakat adalah mengeluarkan sebagian harta dalam waktu tertentu (aul tau ketika panen), nilai tertentu (2.5%, 5%, 10%, 20%) dan sasaran tertentu (fakir, miskin, amil, muallaf, riqob, gharmin, fi sabilillah, dan ibnu sabil). (Sahroni, 2016)

2.      Pengertian Infaq

Infaq adalah membelanjakan harta secara umum, dalam Islam infaq itu harus didasari oleh iman dan jalan Allah (fi sabilillah)

3.      Pengertian sedekah

Pengertian sedekah lebih khusus dibanding infaq, kalau sedekah tidak ada yang dijalan selain Allah, karna sedekah itu motifasinya adalah al qurbah (pendekatan kepada Allah) untuk menunjukan kesejatian dan kejujuran sebagai orang yang beriman.

Secara bahasa sedekah berasal dari kata صدق يصدق صدقا yang artinya benar.

4.      Pengertian zakat fitrah

Zakat fitrah berarti zakat yang diwajibkan dengan berbuka diakhir Ramadhan. Ibadah ini disyariatkan pada tahun kedua hijriah bertepatan dengan pensyariatan puasa Ramadhan.

Infaq adalah memberikan harta untuk memenuhi kebutuhan si penerima harta. Sedangkan zakat fitrah adalah setiap bagian harta seorang muslim yang dibayarkan pada bulan Ramadhan sebelum Idul Fitri

UU Zakat menjelaskan perbedaan pengertian zakat, Infaqm dan Sedekah bahwa zakat adalah harta yang wajib dikeluarkan oleh seorang muslim atau badan usaha untuk diberikan kepada yang berhak menerimanya sesuai dengan syariat Islam.

Infaq adalah harta yang dikeluarkan oleh seseorang atau badan usaha diluar zakat untuk kemaslahatan umum. Sedekah adalah harta atau non harta yang dikeluarkan oleh seseorang atau badan usaha diluar zakat untuk kemaslahatan umum. Keterangan diatas semakin memperjelas makna zakat yaitu sedekah adalah sinonim dari zakat, sedangkan infaq adalah setiap derma kepada siapapun baik dari wajib zakat atau selainnya baik para mustahiq zakat atau yang lainnya. Infaq lebih umum dari sedekah dan zakat.

Leave a Reply

%d bloggers like this: